Kesehatan
3 Cara Mencegah Penyakit TBC

Penyakit tuberkulosis (TBC) di Indonesia menempati peringkat kedua setelah India, yakni dengan jumlah kasus 969 ribu dan kematian 93 ribu per tahun atau setara dengan 11 kematian per jam.

TBC ini sudah tidak asing lagi di Indonesia. Bahkan pemerintah menganjurkan vaksin BCG (Bacillus Calmette Guerin) bagi anak-anak untuk mencegah penyakit menular yang satu ini. WHO pun mencatat diperkiraan sekitar seperempat dari populasi dunia bahkan telah atau pernah terinfeksi bakteri TBC. Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah memiliki resiko terinfeksi bakteri TBC lebih tinggi.

Kabar baiknya TBC masih bisa dicegah  ! Jangan sampai kita terpapar TBC, yuk simak Cara Mencegah TBC di bawah ini : 

 

Gunakan Masker

Saat di tempat ramai wajib kenakan masker atau saat berinteraksi dengan penderita TBC. Harus diingat, hindari juga kontak dengan penderita TBC di ruangan tertutup yang sirkulasinya buruk.

Vaksinasi BCG

Imunisasi wajib yang ada di Indonesia adalah vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guerin) dan diberikan pada bayi usia 2 bulan. Bagi yang belum menerima vaksin dianjurkan harus mendapatkan vaksinasi bila ada salah satu anggota keluarga yang terpapar TBC.

Jaga Daya Tahan Tubuh

Simple sekali, daya tahan tubuh harus tetap terjaga karena daya tahan tubuh yang baik bisa membantu melawan infeksi tuberkulosis. Pastikan juga konsumsi makanan sehat, olahraga teratur dan wajib istirahat yang cukup.

 

Jangan lupa segera periksakan diri setelah mengalami gejala seperti batuk yang tak kunjung hilang, gejala sesak nafas, demam dan kelelahan kronis. Upayakan kegiatan kegiatan yang bisa menyehatkan tubuh anda. Jangan sampai menyesal. Lebih baik mencegah daripada mengobati ya.