Kesehatan
5 Rekomendasi Buah Kaya Serat dan Manfaatnya

Buah sudah jadi asupan penting untuk sehari-hari. Konsumsi buah setiap hari juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Inilah beberapa rekomendasi buah yang bisa dikonsumsi di pagi hari dan bisa memenuhi kebutuhan serat harian.

Peranan serat sangat penting untuk menjaga kesehatan. Serat juga merupakan jenis karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks ini diketahui lebih sehat dan bergizi.

Mengkonsumsi kebutuhan serat harian bisa dilakukan dengan rutin konsumsi makanan kaya akan serat seperti buah-buahan. Berbagai buah kaya akan serat bisa Anda dapatkan dengan mudah bisa ditemukan di warung atau di pasar.

Perhatikan kebutuhan serat orang dewasa setiap hari. Setidaknya kita butuh 29-38 gram serat per harinya lho! Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, berikut ini beberapa buah kaya serat yang bisa Anda konsumsi setiap hari.

1. Apel

Apel ini terkenal sebagai cemilan saat diet, dikenal juga sebagai buah kaya serat. Konsumsi buah apel berukuran sedang Anda bisa mendapatkan 4.5 gram serat yang manfaatnya bagus untuk kesehatan termasuk bantu turunkan kadar kolesterol. Apel juga aman dikonsumsi pagi hari dan bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

2. Alpukat

Alpukat selain rasanya yang enak dan mengenyangkan lebih lama ternyata buah ini juga memiliki serat 6,7 gram serat lho. Dengan catatan dikonsumsi 1 porsi ya. Disarankan untuk makan alpukat untuk sarapan. Makan alpukat dalam perut kosong bisa memaksimalkan penyerapan nutrisi.

3. Kiwi

Ukuran yang kecil dan rasanya yang sedikit asam tak disangka Anda akan mendapatkan 3 gram serat yang penting untuk menjaga keshatan pencernaan. Tidak hanya kaya serat, kiwi juga mengandung vitamin C. Peranan vitamin C tersebut bekerja sebagai antioksidan dan menjaga sistem kekebalan tubuh juga melindungi sel dari kerusakan. 

4. Pisang

Pisang terkenal dengan kandungan potasium yang tinggi juga termasuk buah dengan kaya serat, 1 buah pisang berukuran sedang terdapat 3 gram serat di dalamnya. Tapi jangan konsumsi buah pisang yang belum matang, pilihlah yang sudah matang. 

5. Stroberi

Buah yang banyak digemari anak-anak ini memiliki rasa manis dan asam. Dalam 100 gram stroberi terdapat 2 gram serat yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tetapi juga bisa bantu turunkan berat badan dan melancarkan pencernaan. Tak heran stroberi sering dimasukan ke dalam menu diet.